oleh

Satlantas Polrestabes Medan Gilas 3.016 Knalpot Blong

Satlantas Polrestabes Medan Gilas 3.016 Knalpot Blong/ sln70-news.com

MEDAN, sln70-news.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Medan memusnahkan atau menggilas barang bukti 3.016 knalpot blong, di Pos Lantas Lapangan Merdeka Medan, Kamis (28/1/2021) siang.

Knalpot sepeda motor yang membuat bising tersebut disusun memanjang, kemudian dilindas alat berat (situmalas) hingga remuk.

Waka Polrestabes Medan, AKBP Irsan Sinuhaji menjelaskan, jumlah knalpot blong yang dimusnahkan sebanyak 3.016.

“Ini pemusnahan barang bukti knalpot racing atau blong,” jelas Irsan, Kamis (28/1/2021).

BACA JUGA:  Kejati Sumut Buka Hotline Pengaduan Soal Mafia Tanah

Dikatakannya, sebelum pelaksanaan penindakan hingga akhirnya penyitaan dan pemusnahan, pihak kepolisian terlebih dulu melakukan sosialisasi untuk tidak memakai knalpot blong pada bulan Juli 2020.

“Kita mulainya sosialisasi pada bulan Juli,” katanya.

Sosialisasi ini dilakukan setelah masyarakat komplain dan seringnya terjadi tawuran disebabkan knalpot, yang tidak sesuai standart ini.

“Oleh sebab itu kita lakukan sosialisasi,” terangnya.

Kemudian, sambungnya, pada Agustus 2020, pihak Satlantas Polrestabes Medan mulai melakukan penindakan terhadap pengendara, yang memakai knalpot blong.

BACA JUGA:  Tak Bayar Tagihan Hotel Selama 2 Bulan, Kajari Gadungan Ditangkap

“Hingga Januari 2021 kita berhasil menindak, sita hingga memusnahkan sebanyak 3.016 knalpot,” paparnya.

Saat dilakukan pengamanan terhadap pemilik knalpot yang tidak sesuai standart itu, tetap disarankan membawa knalpot standartnya. “Kita bongkar dan dikembalikan seperti awal kendaraannya,” tegasnya.

Selain penyitaan knalpot blong, bagi pengendara yang tidak melengkapi surat kendaraan juga diberi sanksi tilang. “Kita cek kelengkapan berkendaraan, ya kalau tidak lengkap kita tilang,” pungkasnya. (bar)