oleh

Gelar Patroli Laut Gabungan, Tingkatkan Sinergi DJBC & Baharkam Polri

KUALA TANJUNG, sln70-news.com – KPPBC TMP C Kuala Tanjung melaksanakan patroli laut gabungan bersama Unit Markas Polair Batu Bara selama empat hari.

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatan sinergi antara Direktorat Jenderal Bea & Cukai (DJBC) dan Baharkam Polri,” kata Budi Hindarsyah, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP C Kuala Tanjung, kemarin (18/8/2021)


Dalam patroli ini, unit markas Polairud Batu Bara dengan RIB II 001 serta Bea Cukai Kuala Tanjung dengan kapal bernomor lambung BC-10024, gagah berlayar melakukan patroli laut di perairan wilayah Sungai Benggali, Tanjung Tiram, dan Pagurawan.

Patroli laut rutin ini, dilaksanakan sejak tanggal 09 Agustus sampai dengan 12 Agustus untuk menjaga keamanan laut dan memastikan tidak adanya, penyeludupan barang-barang illegal di wilayah kerja Bea Cukai Kuala Tanjung.

“Apabila ada tindak pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai, seperti penyeludupan barang-barang illegal akan ditindak,” ujarnya.

Sesuai dengan UU No.17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan, dijelaskan bahwa petugas Bea Cukai berhak memberhentikan sarana pengangkut, baik darat maupun laut yang selanjutnya untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

Tim gabungan beberapa kali memeriksa kapal-kapal yang berlayar di sekitaran wilayah patroli untuk dilakaukan pemeriksaan rutin.


“Dalam pemeriksaan ini, tim tidak menemukan barang-barang illegal ataupun barang seludupan yang dibawa oleh nelayan maupun oleh kapal yang berlayar,” imbuh Budi lagi.


Diharapkannya, patroli gabungan antara Bea Cukai Kuala Tanjung dan Polairud Batu Bara, dapat meningkatkan sinergitas antar intansi.

“Sehingga dapat saling bahu-membahu dalam mengamankan wilayah dari penyeludupan barang-barang illegal,” harapnya. (ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed