oleh

Perketat Protokol Kesehatan, Mal di Medan Pasang Thermal Camera dan Lift Tanpa Sentuh Tombol

Pemasangan Thermal Camera di pintu utama Plaza Medan Fair. (istimewa)

 

MEDAN, sln70-news.com – Pengelola mal dan pusat perbelanjaan di Kota Medan terus berbenah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan penyesuaian infrastruktur untuk mencegah penularan Covid-19. Plaza Medan Fair misalnya, memasang thermal camera di pintu masuk utama untuk mendeteksi suhu tubuh pengunjung. Penggunaan alat ini untuk mendeteksi lebih cepat suhu tubuh manusia tanpa harus diperiksa satu persatu.

Kemudian, di pintu masuk area parkir dan lift juga disediakan tombol sensor dengan touchless sehingga pengunjung tidak harus menyentuh tombol secara langsung.

“Kami terus berupaya memperbaiki infrastruktur di mal menuju New Normal. Diantaranya menerapkan sensor khusus agar pengunjung tidak bersentuhan langsung dengan fasilitas seperti di pengambilan tiket parkir dan lift,” kata Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun, Sabtu (27/6/2020).

BACA JUGA:  Satu Warga Asahan Konfirmasi Covid-19, Sembilan Orang Sembuh

Lenny mengatakan, pihaknya berupaya menyempurnakan peralatan di area mal dengan touchless. Tujuannya, agar pengunjung terhindar dari bersentuhan dan yang paling utama agar dapat memutus mata rantai Covid-19.

Untuk thermal camera di pintu utama, pengunjung yang suhu tubuhnya tinggi bisa langsung terdeteksi tanpa harus berhadapan dengan petugas untuk mengecek suhu tubuh. Protokol lain adalah penggunaan makser. Pengunjung yang tidak mengenakan masker maka tidak diperkenankan masuk.

BACA JUGA:  Medan Waspada, Sindikat Becak Hantu Kembali Muncul Siap Gasak Motor

Diakui Lenny, di awal New Normal memang untuk pengunjung belum begitu ramai. Salah satu alasannya juga masih diberlakukan pembatasan jam operasional sehingga pengunjung belum kembali normal.

Marcomm Manager Sun Plaza, Yokie, mengatakan, pihaknya juga berupaya menyempurnakan peralatan di area mal dengan touchless. Diantaranya seperti touchless parking dan thermal camera.

“Itu sudah kami terapkan kurang lebih seminggu. Semuanya dilakukan agar memberikan kenyamanan dan keamanan lebih bagi pengunjung. Tentu paling utama agar dapat meredam laju penyebaran Covid-19,” katanya.

sumber: medanbisnisdaily.com