oleh

Pemprov Sumut Siapkan Para Sekda jadi Plh di 13 Kabupaten/Kota

-POLITIK-8 views

MEDAN, sln70-news.com – Masih belum ada kejelasan soal pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020. Misalnya untuk 14 kabupaten/kota yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir 17 Februari 2021, hingga kini jadwal pelantikan kepala daerah terpilih masih kabur.

Sebab hingga Senin (15/02/2021), belum juga turun surat pelantikan kepala daerah terpilih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ada beberapa penyebabnya, antara lain karena hasil Pilkada di 7 dari 14 daerah itu sedang bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), yakni Medan, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan dan Samosir.

Sedangkan 7 daerah yang hasil Pilkada tidak bersengketa adalah Binjai, Serdang Bedagai, Labuhanbatu Utara, Sibolga, Humbang Hasundutan, Toba dan Pakpak Bharat. Begitu pun di 7 daerah itu, juga belum ada kejelasan kapan kepala daerah terpilih dilantik.

Karena hal itu, Pemprov Sumut menyiapkan para Sekretaris Darah (Sekda) menjadi Pelaksana Harian (Plh) kepala daerah, yakni sebagai Plh bupati/wali kota. Hal itu dikatakan Sekdaprov Sumut, R Sabrina, menjawab wartawan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (15/02/2021).

News Feed