oleh

Jadi Buronan Kasus Korupsi, PNS Ditangkap Kejaksaan Tinggi Sumut

Photo : VIVA/Syarifuddin Nasution Ilustrasi Kejaksaan Agung tangkap buronan kasus korupsi.

MEDAN, sln70-news.com – Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara berhasil mengamankan buronan terpidana Kejaksaan Negeri Toba Samosir, yakni Erwin P Panggabean, pada Senin 12 Oktober 2020. Erwin masuk daftar pencarian orang (DPO) atas perkara korupsi.

Asintel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Dwi Setyo Budi Utomo, mengatakan Erwin, yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS), ditangkap di Jalan Rawe Komplek Pertokoan Martubung, Medan Labuhan, sekira pukul 19.00 WIB.

“Erwin ditangkap terkait perkara dugaan korupsi pada penataan, penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah berupa kegiatan belanja sertifikat TA 2014 pagu anggaran Rp1,3 miliar,” kata Dwi Setyo pada Senin, 12 Oktober 2020.

Menurut dia, Erwin merupakan terpidana yang terbukti bersalah dan sah melakukan tindak pidana korupsi. Bahkan, perkara ini telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) berdasarkan Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 1928K/Pid.sus/2018, tanggal 19 November 2018.

Bahwa, kata Dwi, hakim menetapkan terpidana terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi Dengan amar putusan menjatuhkan pidana 1 tahun dan hukuman pidana denda sejumlah Rp50.000.000.

“Ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan dan menghukum terpidana untuk membayar uang pengganti Rp740.688.920,” tandasnya.

Diketahui, program tangkap buronan (Tabur) 32.1 digulirkan oleh bidang Intelijen Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam memburu buronan pelaku kejahatan baik yang masuk DPO Kejaksaan maupun instansi penegak hukum lainnya dari berbagai wilayah di Indonesia. Pesannya, tidak ada tempat yang aman bagi pelaku kejahatan.

sumber: viva.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed