oleh

Dispar Pakpak Bharat Gelar Sarasehan Budaya Pakpak

-DAERAH-0 views
Kegiatan Sarasehan Budaya Pakpak yang di gelar Dinas Pariwisata Pakpak Bharat. (lastro banurea)

PAKPAK BHARAT, sln70-news.com – Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Pariwisata, menggelar Sarasehan Budaya Pakpak yang berlangsung di Bale Sada Arih, di kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Jumat (24/7/2020).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri sejumlah tokoh dan pemuka adat dan budaya suku Pakpak yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat serta perwakilan dari Ormas.

Kepala Dinas Pariwisata Pakpak Bharat Bambang Banurea, mengatakan dalam kegiatan sarasehan budaya ini menghadirkan tiga narasumber tokoh adat dan budaya pakpak.

Ketiga narasumber tersebut kata Bambang, diantaranya Mansehat Manik Wakil Ketua DPRD Pakpak Bharat, narasumber tentang paparan ” Sulang Silima ” adat budaya suku pakpak,

Selanjutnya, Erah Banurea selaku narasumber tentang paparan tata cara dan corak pakaian adat pakpak, dan Pandapotan Solin, sebagai narasumber tentang tipe dan jenis rumah adat suku pakpak.

“Kegiatan sarasehan ini merupakan sebagai implementasi peraturan daerah (perda) nomor 3 tahun 2013 dan nomor 4 tahun 2014,” kata, Bambang Sunarjo Banurea.

Sementara Pj Bupati Pakpak Bharat, Asren Nasution dalam sambutanya mengaku bangga karena pada acara sarasehan tersebut dirinya bisa bertatap muka dengan para tokoh adat dan budaya pakpak.

“Peran tokoh tak terlepas pula suatu dinamika pembangunan suatu bangsa
khususnya dalam bergandengan tangan bersatu padu guna untuk mendukung proses pembangunan secara berkesinanbungan di Kabupaten Pakpak Bharat yang kita cintai ini,” ungkap Asren.

Melalui sarasehan ini, kata Asren bisa sebagai wadah bertukar pikiran bersama antara satu dengan yang lain dalam menambah ilmu dan pengetahuan tentang adat istiadat budaya suku pakpak.

Pantauan medanbisnisdaily.com ini dalam acara sarasehan tersebut berlangsung dengan khidmat penuh dengan adab budaya santun oleh para tokoh adat peserta sarasehan.

sumber: medanbisnisdaily.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed