oleh

RESMI, Valentino Rossi Bergabung dengan Petronas Yamaha SRT

-Olahraga-2 views
Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.(GIGI SOLDANO/DPPI MEDIA/DPPI VIA AFP)

sln70-news.com – Kabar yang dinantikan tiba sudah. Valentino Rossi resmi memperkuat tim Petronas Yamaha SRT untuk musim Kejuaraan Dunia 2021.

Bersama tim asal Malaysia tersebut, Valentino Rossi bakal membalap dengan rider didikannya di Akademi VR 46, Franco Morbidelli. Kepastian ini diumumkan oleh situs resmi MotoGP pada Sabtu (26/9/2020) sore WIB.

Melalui pernyataan di situs resmi tersebut, Petronas Yamaha SRT yakin bahwa kombinasi Valentino Rossi dan Franco Morbidelli “akan menulis bab baru di sejarah MotoGP musim depan.”

Razlan Razali, bos tim Petronas Yamaha SRT, mengutarakan kebanggaannya menyambut Valentino Rossi. “Atas nama Petronas Yamaha Sepang Racing Team dan semua partner kami, sungguh kehormatan luar biasa untuk menyambut Valentino Rossi,” tuturnya di situs resmi MotoGP.

“Valentino adalah rider ikonik dan seorang legenda. Pengalamannya akan menjadi aset hebat bagi tim ini sembari kami menapak ke musim ketiga di MotoGP dan kami tentu akan belajar banyak dari Valentino”. “Pada saat bersamaan, kami akan berusaha sebisa mungkin untuk memberinya bantuan agar menjadi kompetitif demi memberinya penghargaan karena telah percaya kepada kami sebagai tim.”

“Kami merasa rendah hati dengan kesempatan ini dan siap menghadapi tantangan di depan mata. “Kami percaya kombinasi Valentino dan Franco akan menjadi kekuatan mumpuni di trek yang bakal membantu kami mengejar target menjadi sekompetitif mungkin musim depan.”

BACA JUGA:  Siap-siap! Mike Tyson Resmi Naik Ring Lagi di Bulan September

“Kami tak sabar!”

Durasi kontrak Rossi dengan Petronas Yamaha SRT hanyalah untuk satu tahun. Namun, ia telah mengutarakan bahwa dirinya bisa lanjut di tim Malaysia tersebut apabila kedua pihak menemui kesepakatan. Valentino Rossi sendiri mengutarakan bahwa ia senang dapat melanjutkan karier di MotoGP. Namun, keputusan ini ia ambil setelah lama berpikir.

“Saya sangat senang bisa melanjutkan membalap pada 2021 dan melakukannya bersama Petronas Yamahaa Sepang Racing Team (SRT),” kata Rossi dikutip Crash.

“Saya berpikir mendalam sebelum mengambil keputusan ini,” ujar dia melanjutkan. Menurut VR46, tantangan membalap ke depan akan lebih panas di samping usianya yang sudah menginjakkan kepala empat.

“Anda harus bekerja keras untuk berada di puncak kelas MotoGP. Harus berlatih setiap hari dan berprinsip sebagai atlet dalam hidup Anda.”

“Namun, saya tetap suka dengan semua itu dan saya tetap ingin membalap,” tandas dia. Tempat Valentino Rossi di tim pabrikan Yamaha memang diambil oleh Fabio Quartararo yang menjalani musim luar biasa sebagai rookie tahun lalu.

BACA JUGA:  Parlindungan Manurung Resmi Menjadi Anggota DPRD Asahan

Quartararo bahkan finis peringkat kelima klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2019, mengungguli Rossi yang berada di peringkat ketujuh. Pengumuman soal promosi Quartararo datang pada Januari, saat The Doctor masih berpikir soal masa depannya.

Di satu sisi, Yamaha menjamin Valentino Rossi akan mendapat tempat di tim satelit jika ia terus membalap. Rossi akhirnya menerima tawaran ini pada awal tahun saat musim berhenti akibat pandemi virus corona.

Crash.net mengutarakan peresmian kerja sama ini tadinya siap diumumkan pada Juli. Akan tetapi, dokumen-dokumen harus diurus melintasi Jepang, Malaysia, dan Italia. Negosiasi juga diperpanjang oleh diskusi berapa banyak kru Valentino Rossi yang akan pindah bersamanya musim depan.

Hal ini mengingat beberapa dari mereka sudah mendampingi sang legenda sejak ia naik ke kelas premier. Rossi akhirnya hanya akan membawa tiga mekanik saja bersamanya. Kepala mekanik David Munoz, teknisi data Matteo Flamigni, dan pelatih balap Idalio Gavira.

Dua mekanik yang terpaksa berpisah adalah Alex Briggs dan Brent Stephenz. Briggs sudah menjadi bagian dari tim Rossi sejak musim 2000. Sedangkan Stephens bergabung dengan tim Rossi saat pindah ke Yamaha, tepatnya musim 2004 lalu.

sumber: kompas.com