Kompol Otniel Siahaan Dicopot, AKP Ricky Pjs Kapolsek Percut Sei Tuan

KRIMINAL0 views

 

Istimewa

MEDAN, sln70-news.com – Kasus dugaan penganiayaan saksi pembunuhan berbuntut dicopotnya Kompol Otniel Siahaan sebagai Kapolsek Percut Sei Tuan, penggantinya ditunjuk Kanit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan, AKP Ricky Pripurna Atmaja.

Hal ini diungkapkan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja. Pergantian mendadak ini terkait dugaan penganiayaan terhadap saksi pembunuhan Sarpan, 57. “Kapolsek Percut Sei Tuan sudah di serah terimakan kepada pejabat sementara AKP Riki Kanit Pidum Sat Reskrim Polrestabes Medan,” ungkap Tatan melalui WhatsApp, Kamis (9/7/2020) malam.

Tatan menyebutkan, kasus ini ditangani Subbidprovos Bidpropam Polda Sumut, yang telah memeriksa 9 personel Polsek Percut Sei Tuan. Ke-9 personel tersebut terdiri 4 berpangkat perwira dan 5 personel berpangkat brigadir. “Untuk pemukulan terhadap saksi antas nama Sarpan yang mengakibatkan mata lebam masih dalam proses pemeriksaan, apakah adanya keterlibatan personel atau tidak,” jelasnya.

BACA JUGA:  Kasat Intel Polres Sergai Dicopot karena Gelar Resepsi Pernikahan

“(Jabatan) Kapolsek sudah di serahterimakan dan 8 (personel) di tarik ke Polrestabes menunggu sidang disiplin,” tambahnya.

Tatan menegaskan, bila dalam pemeriksaan internal itu di temukan pelanggaran hukum maka sanksi Hukuman Disiplin yang di berikan sesuai dengan Pasal 9 PP RI Nomor 2 tahun 2003, tentang Peraturan Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Yaitu berupa teguran tertulis, penundaan mengikuti pendidikan paling lama 1 (satu) tahun, penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat untuk paling lama satu tahun, mutasi yang bersifat demosi, pembebasan dari jabatan dan penempatan dalam tempat khusus paling lama 21 hari.

BACA JUGA:  Pedagang Bisa Berjualan Sambil Berjudi di Pasar Induk Lau Cih

“Saat ini ke-9 personel Polsek Percut Sei Tuan Polrestabes Medan yang diduga melakukan pelanggaran disiplin dalam proses pemeriksaan di Subbidprovos Bidpropam Polda Sumut yang selanjutnya akan di lakukan sidang disiplin apabila terbukti lalai dalam pelaksanaan tugas kepolisian,” pungkasnya. (hrs)