Ketinggian Banjir Lahar Dingin Gunung Sinabung Capai 80 Cm

Istimewa

 

KARO, sln70-news.com – Lahar Hujan Gunung Api Sinabung, di Kabupaten Karo, kembali terjadi. Lahar hujan terjadi di Desa Kutam Baru, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Sabtu (22/8/2020).

Diperkirakan ketinggian lahar hujan Sinabung mencapai 80 centimeter. Tingginya curah hujan di puncang gunung api Sinabung, membuat material bebatuan dan kayu ikut terbawa lahar.

Kepala Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Natanael Paranginangin mengatakan sampai saat ini lahar hujan terus terjadi terlebih saat ini curah hujan cukup tinggi di kawasan Kabupaten Karo.

BACA JUGA:  Jalan Provinsi Menuju Wisata Tangkahan Putus Diterjang Banjir

“Antisipasi kita menghimbau warga diseputaran aliran sungai agar waspada, ini merupakan rekomendasi dari Pos Pantau Sinabung kita sampaikan ke warga melalui Pemerintahahan Kecamatan dan melalui relawan-relawan pemantau sungai,” katanya.

BPBD Kabupaten Karo Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera menurunkan alat berat untuk menormalisasi jalur transportasi.

Sementara itu Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos pemantau Sinabung mencatat, aktivitas laharan Sinabung terjadi satu kali dan terekam 1 kali dengan amplitudo 120 mm, dengan durasi 3809 detik.

BACA JUGA:  Dampak Gunung Sinabung Erupsi

“Hati-hati bagi warga yang ada disekitaran sungai yang bersumber dari sinabung,” imbau Armen Putra, Kepala Pos Pemantau Sinabung.

Selama 6 jam terakhir, aktivitas gunung Sinabung masih fluktuaktif, aktivitas hembusan terjadi 1 dengan amplitudo 7 mm dan terjadi dalam durasi 16 detik.

sumber: medanbisnisdaily.com