Ini Keistimewaan Kuda Menurut Alquran dan Sains

Berita20 Dilihat
banner 468x60
Ilustrasi hewan kuda. (Foto: Annika Treial/Unsplash)

SIAPA tidak mengenal kuda. Hewan ini dikenal dengan kemampuannya yang hebat, di antaranya kuat dan cepat berlari. Kuda pun memiliki banyak keistimewaan yang berguna bagi manusia, terutama bisa membantu dalam pekerjaan sehari-hari.

Dijelaskan, kuda merupakan salah satu dari spesies mamalia modern dari Genus Equus. Hewan ini menjadi hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis.

banner 336x280

Dahulu kuda dimanfaatkan sebagai hewan tunggangan, terutama oleh suku-suku pengembara (nomaden) di padang rumput serta Gurun Asia Tengah dan Utara. Hewan berkaki empat ini juga bisa menjadi penarik yang tangguh.

BACA JUGA:  Aceh Selatan Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4.0

Dalam buku ‘Cerita-Cerita Sains Terbaik dari Alquran’ karya Af Idah Salmah dijelaskan bahwa kuda termasuk hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

Ketika musim panas, kuda bisa menghabiskan 50 kilogram rumput dalam sehari. Sedangkan saat musim dingin, makanannya bisa ditambah dengan jerami dan padi-padian, terkadang ditambah tetes tebu. Kebutuhan air bagi kuda dalam sehari mencapai 60 liter.

Cara merawat kuda dengan dengan dimandikan, digosok, dipijat, serta disikat. Dalam berbagai kebudayaan, kuda dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, serta kekuatan.

BACA JUGA:  Seorang Pria Hanyut di Sungai Sei Padang

Kuda pun telah disebutkan di salah satu ayat dalam kitab suci Alquran. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (QS An Nahl Ayat 8)

Wallahu a’lam bishawab.

sumber: techno.okezone.com

banner 336x280