oleh

Harimau Berkeliaran di Sekitar Gunung Sibayak

-SATWA-0 views
Harimau Sumatera/sln70-news.com

MEDAN, sln70-news.com – Dalam kurun waktu sebulan, harimau sumatera dilaporkan masyarakat terlihat berkeliaran di area Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan, sekitar kawasan pendakian di Gunung Sibayak, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Tahura Bukit Barisan Dinas Kehutanan Sumut, Ramlan Barus menyampaikan, pihaknya sudah mendapatkan laporan pascamunculnya hewan buas yang sudah meresahkan masyarakat itu.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan petugas dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut dalam memgantisipasi konflik masyarakat dengan hewan buas yang dilindungi itu,” ujar Ramlan Barus, Rabu (14/10/2020).

Harimau Sumatera di Medan Zoo/sln70-news.com

Ramlan mengatakan, pihaknya sudah memasang kamera trap di sejumlah kawasan di sekitar area Tahura tersebut. Selain memasang kamera jarak jauh yang dilengkapi dengan sensor mendeksi harimau, pihaknya juga memasang perangkap.

“Harimau itu muncul sejak awal bulan September 2020 kemarin. Orang yang melihat harimau berkeliaran adalah petugas yang mengutip retribusi sebelum memasuki areal pendakian di Gunung Sibayak. Selain itu, ada juga juga masyarakat yang melihat,” katanya.

Ditambahkan, ada pengunjung lain mengendarai mobil yang berpapasan langsung dengan hewan buas di sekitar Tahura. Begitu juga dengan warga yang ingin mencari tanaman untuk ramuan obat tradisional, juga pernah melihatnya.

Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah I kawasan Tahura Bukit Barisan, Tuahman Raya Tarigan mengimbau, masyarakat supaya lebih meningkatkan kewaspadaan atas munculnya harimau di sekitar Tahura tersebut.

“Sebaiknya masyarakat tidak bepergian sendiri saat keluar rumah, apalagi ketika akan melewati kawasan Tahura. Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya tidak keluar rumah pada sore atau malam hari,” katanya.

Tuahman menyebutkan, pihaknya sudah menurunkan petugas untuk bisa menangkap hewan buas itu. Pihaknya juga meminta masyarakat supaya menghindari konflik dengan harimau yang berkeliaran itu.

sumber: beritasatu.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed