oleh

Gorila Terlangka Sedunia Terekam Ditemukan Bersama Bayinya

-TRAVEL-0 views
Foto: Istimewa (w644)

sln70-news.com – Momen langka terjadi di saat pandemi virus Corona. Gorila paling langka di dunia terekam kamera pengawas di hutan Nigeria.

Para pelindung gorila itu yang melaporkan peristiwa tak biasa tersebut. Istimewanya lagi, gorila paling langka itu terlihat sedang berjalan bersama para bayinya di Nigeria selatan.

Diberitakan CNN, gorila itu adalah gorila Cross River. Kawanannya terlihat di hutan pegunungan Mbe yang lebat di negara bagian Cross River.

Pada satu titik gorila Cross River hanya berjumlah sekitar 300 ekor. Primata itu diketahui hidup di daerah pegunungan di Nigeria dan Kamerun, menurut International Union for Conservation of Nature.

BACA JUGA:  Kadispar: Silahkan Buka Usaha, Asal Patuhi Protokol Kesehatan

Gorila cenderung menghindari manusia dan beberapa kawanan mereka telah menjadi target pemburu di masa lalu. Foto gorila serupa juga direkam pada 2012 di Kagwene Gorilla Sanctuary Kamerun.

Penampakan terbaru ini adalah bukti bahwa gorila Cross River telah dilindungi dengan baik dan mereka bisa berkembang biak.

“Beberapa dekade lamanya mereka menjadi sasaran tembak para pemburu,” kata Inaoyom Imong, direktur Cross River Landscape for Wildlife Conservation Society Nigeria dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Akhir Cerita Kucing Emas Langka yang Kena Jerat Babi di Sumbar
Masyarakat mengatakan telah bekerja dengan beberapa komunitas untuk memastikan perlindungan gorila. Sejak 2012, tidak ada catatan atau laporan kematian subspesies gorila di Nigeria.

BACA JUGA:  Artis HH Diamankan Polisi Bersama Pria, Terkait Protitusi

Gabriel Ocha, kepala Kanyang, salah satu desa dekat Pegunungan Mbe, mengatakan bahwa foto itu adalah bukti bahwa upaya konservasi komunitasnya dengan WCS membuahkan hasil.

“Saya sangat senang melihat foto-foto indah gorila Cross River dengan banyak bayi di hutan kami,” kata Ocha dalam sebuah pernyataan.

Di sisi lain, tiga dari puluhan ribu spesies hewan sangat terancam punah. Hewan-hewan itu yakni hamster Eropa, paus Atlantik utara, dan lemur tikus Madame Berthe.

sumber: detik.com