Wah, Pemegang Restoran Pizza Hut Terbesar di AS Terancam Bangkrut

Foto: tripadvisor.co.id (screenshoot)

TEXAS, sln70-news.com – NPC International Inc, pewaralaba restoran Pizza Hut dan Wendys terbesar di Amerika Serikat (AS), mengajukan proteksi kebangkrutan di pengadilan. Bisnis NPC melorot setelah penyebaran pandemi makin mengorbankan kompetisi di industri restoran cepat saji.

Perusahaan tersebut mengajukan Chapter 11  di Pengadilan Distrik Texas, pada Rabu (1/7) waktu setempat. Chapter 11 lazim ditempuh perusahaan untuk melakukan restrukturisasi utang demi menghindari kebangkrutan.

NPC, yang beroperasi sejak tahun 1962, kini mengoperasikan 1.227 gerai Pizza Hut dan 393 gerai Wendys di AS.

Di masa pandemi, NPC dan Pizza Hut telah berjuang untuk memperbesar layanan antaran dan keluar dari pakem tradisional bisnis restoran. Di sisi lain, perusahaan ini menghadapi tekanan akibat kenaikan gaji pegawai.

BACA JUGA:  Polisi Italia Sita 14 Ton Amfetamin Buatan ISIS, Terbesar di Dunia

Mengutip Bloomberg, perusahaan yang menghadapi persaingan sengit dari Dominos Pizza Inc dan Papa Johns International Inc itu memiliki utang US$ 903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90% dari kreditur pertama (first-lien).

Nah, pengajuan Chapter 11 bukan berarti Pizza Hut dan Wendys gulung tikar. NPC bisa tetap beroperasi sembari menegosiasikan restrukturisasi utang. Langkah yang diambil NPC ini juga tidak mempengaruhi restoran Pizza Hut dan Wendys lainnya yang dimiliki oleh pewaralaba lainnya.

Mengutip keterangan US Courts, Chapter 11 secara umum menyediakan kesempatan reorganisasi. Debitur biasanya mengajukan rencana reorganisasi agar bisnis tetap hidup, sehingga bisa memenuhi kewajiban pembayaran kepada kreditur.

BACA JUGA:  Pemko Medan Gelar Pasar Murah Sambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Berdasarkan proposal awal restrukturisasi utang yang diajukannya, NPC akan mulai menjual restoran Wendys di masa mendatang. Perusahaan ini memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membicarakan restrukturisasi ini dengan kreditur dan pemilik (terwaralaba) Pizza Hut.

Andai tidak terjadi kesepakatan, barulah NPC akan mulai menjual sejumlah restoran Pizza Hut.

“Kami bekerja sama dengan NPC dan krediturnya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut milik NPC keluar dari proses ini dengan dukungan yang mereka butuhkan,” kata Jurubicara Pizza Hut, seperti dikutip dari Bloomberg.

Sumber: Bloomberg