oleh

Stok Darah Menipis Selama COVID-19, TKP Gelar Bakti Sosial di Literacy Coffee Medan

MEDAN, sln70-news.com – Tempat Kita Peduli (TKP) bekerjasama dengan PMI Kota Medan dan PMI Kec Medan Kota melakukan aksi bakti sosial donor darah di Literacy Coffee Jalan Jati II No. 1, Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, Sumatera Utara, Sabtu (27/06/2020). Kegiatan ini mengusung tema Setetes Darah untuk Bangsa.

Bentuk kepedulian terhadap stok darah yang semakin menipis selama masa pandemi Covid-19 ini, diikuti lebih dari 60 peserta donor darah baik dari kalangan komunitas dan masyarakat umum.

“Sebelumnya kita dapat info bahwa PMI kekurangan stok darah yang dimana banyak warga yang membutuhkan darah untuk para penderita penyakit misalnya penyakit ginjal yang tidak boleh berhenti pengobatan. Nah dari sinilah latarbelakanganya,” ungkap Ananda Aprida Hasibuan, perwakilan komunitas TKP.

Adapun support kegiatan ini dari komunitas di kota Medan diantaranya Tempat Kita Peduli (TKP), Sahabat Alam Sumatra Utara (Salam Sumut), Rumah Yatim Sumut, Perempuan Hari Ini, Gerakan Peduli Sungai (GPS) Tembung, Vertical Rescue Indonesia, Gerakan peduli alam lingkungan (Grapali), Perempuan Hari Ini, RAPI Sumut, DDV Sumut, Sadaya, Mural Medan, Pramuka Peduli, Sumut Update, Explore Wisata Sumut, Medan Trending, serta Zulaikha Peduli.

“TKP sendiri mengajak komunitas untuk bergabung untuk kegiatan ini, karena sebelumnya kita sering duduk dan diskusi bareng. Inikan kegiatan positif kenapa tidak dimanfaatkan untuk membantu dan saling bergotong royong jadi tidak hanya sekedar diskusi dan nongkrong,” kata Ananda.

Kepala Cabang Laznas Rumah Yatim, Dasep Hardiatman merasa bersyukur dapat berpartisipasi dan berkolaborasi dengan komunitas lainnya melakukan kegiatan donor darah.

“Ajakannya sangat luar biasa positif karena ini untuk membantu sesama dan juga bagus untuk kesehatan. Harapan kita dengan adanya donor darah ini bisa membantu dalam menyumbangkan stok darah yang cukup untuk PMI,” ujar Dasep.

Kegiatan donor darah yang dilakukan di Literacy Coffee juga disambut baik oleh pendiri Literacy Coffee, Jhon Fawer Siahaan.

“Tiga minggu lalu kawan-kawan TKP menghubungi untuk melakukan donor darah. Saya terpikir sebagai yang memiliki ruang sangat tertarik dan senang mereka dapat memanfaatkan tempat ini. Ini merupakan jawaban dari pandemi bahwa kita harus berkolaborasi walau sekecil apapun. Tidak harus berdiam diri, tapi ada pergerakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah,” ucap Jhon.

“Alhamdulillah jumlah pendonor dalam kegiatan ini berjumlah 62 orang, dan yang bisa mendonorkan darahnya berjumlah 42. Sisanya tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan beberapa, antara lain Tensi dan HB yang tidak sesuai dengan ketentuan donor darah,” ucapnya yang berharap kegiatan ini berkelanjutan dan menjadi agenda rutin. (red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed