Komisi IV Pertanyakan SIMB Pembangunan Terminal Amplas ke DPMPTSP

POLITIK22 Dilihat
banner 468x60

MEDAN, sln70-news.com – Komisi IV DPRD Medan pertanyakan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) revitalisasi pembangunan Terminal Amplas, yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan RI ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan.

“Apa benar pendirian bangunan Terminal Amplas hingga saat ini tidak memiliki SIMB. Padahal kondisi fisik bangunan sudah hampir rampung,” tanya anggota Komisi IV DPRD Medan, Hendra DS saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IV dengan DPMPTSP Kota Medan di gedung DPRD Medan, Selasa (25/1/2022).

banner 336x280

Dikatakan Hendra DS yang juga Ketua DPC Hanura Kota Medan itu, disaat Walikota Medan serius untuk penataan kota Medan dan pengawasan bangunan soal SIMB. “Kenapa pembangunan terminal tidak mendapat penindakan. Apa memang ada aturan, kalau bangunan pemerintah gak perlu izin,” cetus Hendra.

BACA JUGA:  Paul MA Simanjuntak Terima Keluhan Warga Pulo Brayan Bengkel Soal Banjir

Padahal kata Hendra DS, untuk rehab bangunan rumah tempat tinggal masyarakat kecil saja terus diuber. “Kenapa bangunan Terminal itu luput dari penindakan,” tandas Hendra.

Seharusnya, Pemko Medan harus memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat lebih memahami dan patuh akan paraturan.

Menyahuti itu, Kepala Dinas PMPTSP Kota Medan, Ferry Ichsan didampingi stafnya Indri mengaku, hingga saat ini pihak pengembang belum ada mengajukan permohonan izin.

BACA JUGA:  DPRD Medan Gelar Paripurna Ranperda Inisiatif Soal Perlindungan UMKM

“Belum ada pengajuan izin dari Kementerian Perhubungan selaku penangungjawab pembangunan,” ujar Ferry polos.

Menyikapi hal itu Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak menyampaikan agar DPMPTSP Kota Medan dapat berkordinasi dengan Dinas terkait guna menyelesaikan perizinan. “Tidak bagus ada bangunan pemerintah tidak memiliki izin namun bangunan masyarakat terus ditindak, ” sebut Paul. (adl)

banner 336x280