oleh

Aceh Selatan Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 4.0

Lokasi gempa bumi Magnitudo 4.0 Aceh Selatan. (istimewa)

MEDAN, sln70-news.com – Wilayah Kabupaten Aceh Selatan kembali diguncang gempabumi tektonik, Jumat (17/7/2020) pukul 09:54:31 WIB. Adapun hasil analisa BMKG menunjukkan, bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4.0.

Kepala Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Edison Kurniawan menyampaikan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.36 LU dan 97.13 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 km Barat Laut Kabupaten Aceh Selatan pada kedalaman 36 km.

BACA JUGA:  Korban Meninggal Banjir Flores Timur Bertambah Jadi 54 Orang

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas Subduksi lempeng Indo-Australia kebawah lempeng Eurasia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan, yang dirasakan di wilayah Tapak Tuan pada skala III MMI yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.

BACA JUGA:  Jalan Parapat Sumut Tertutup Longsor, Lalin ke Pematangsiantar Dialihkan

sumber: medanbisnisdaily.com