TP PKK Kota Medan Gelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM

MEDAN1 views

MEDAN, sln70-news.com – TP PKK Kota Medan menggelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM Binaan PKK Kota Medan Tahun 2022 di Gedung Serba Guna PKK Kota Medan, Selasa (18/10). Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM sehingga dapat maju dan berkembang lagi kedepannya.

Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution diwakili Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman membuka pelatihan tersebut. Dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK yang disampaikan Ny Ismiralda dikatakan, UMKM merupakan salah satu usaha ekonomi kerakyatan yang banyak didapati di kelurahan dan kecamatan.

Oleh karenanya, kata Ny Ismiralda, usaha mikro ini masih membutuhkan banyak pembinaan, salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha, pengemasan dan pemasaran. Dikatakannya, pengembangan usaha kecil semacam ini harus diimplementasikan dalam bentuk yang lebih riil.

BACA JUGA:  Lumpuhkan Pelaku UMKM, Pemko Medan Diminta Gercep Cegah Kelangkaan Migor

“Kita harus memahami upaya pemberdayaan dan peningkatan usaha kecil melalui pendekatan program merupakan salah satu alternatif pokok untuk menopang perekonomian masyarakat, terlebih dalam program ini muatan peran perempuan sangat menonjol, yang selama ini mayoritasnya masih terbatas dalam kehidupan sosial dan ekonomi,” kata Ny Ismiralda.

Lebih lanjut Ny Ismiralda mengungkapkan, peran kaum perempuan dalam sektor sosial dan ekonomi pada akhirnya akan mampu menciptakan dinamika dan iklim kondusif dalam program pemberdayaan usaha kecil secara luas. Melihat tantangan kedepan, jelasnya, diperlukan strategi dan model dalam pengembangan usaha yang lebih tepat agar program ini dapat terlaksana dan diterima masyarakat.

Selanjutnya, Ny Ismiralda memaparkan, ada 5 langkah pokok yang dapat dilakukan dalam mengembangkan usaha yakni peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi pengelola usaha kecil, memantapkan kelembagaan, meningkatkan permodalan, meningkatkan mutu dan kualitas serta meningkatkan kemitraan usaha dalam pemasaran.

BACA JUGA:  Dinas Kominfo Dukung PKPA Lindungi Anak dari Kekerasan Berbasis Daring

Melihat perkembangan sektor informal di Kota Medan yang sangat dinamis, Ny Ismiralda yakin prospek pengembangan usaha kecil sangat cerah dan memungkinkan diangkat menjadi komoditas unggulan di sektor ekonomi perkotaan.

“Kita semua harus lebih memperhatikan dan mengapresiasi program Bapak Wali Kota Medan yaitu Saka Sanwira dengan mewujudkan satu usaha kecil di setiap kelurahan melalui pembinaan secara terpadu dan memasarkannya melalui Beranda Kreatif yang dibuka setiap Sabtu di halaman Kantor Wali Kota Medan,” ungkapnya.

Guna mewujudkan sasaran yang diinginkan, terang Ny Ismiralda, Tim TP PKK Kota Medan melaksanakan pelatihan pemasaran online ini bagi pelaku UMKM yang ada di kecamatan dan kelurahan. Kepada para narasumber, Ny Ismiralda berpesan agar kiranya memberikan materi pelatihan kepada para peserta secara baik dan mudah diterima masing-masing peserta.(adl)