Tingkatkan Keterampilan Pelaku IKM, Dinas Perindustrian Gelar Pelatihan Mengelas

MEDAN9 views

MEDAN, sln70-news.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution ingin pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), termasuk yang berada di kawasan Medan bagian Utara, berkembang. Menindaklanjuti ini, Dinas Perindustrian gencar melaksanakan berbagai pelatihan. Salah satunya adalah Pelatihan Mengelas di Kecamatan Medan Belawan, 10 sampai dengan 19 Oktober 2022.

Kadis Perindustrian Medan, Parlindungan, saat membuka pelatihan di aula kantor Camat Medan Belawan, Senin (10/10) mengatakan, pelatihan mengelas ini merupakan salah satu program dari beberapa program yang dilaksanakan Dinas Perindustrian di Medan Belawan ini.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan pelaku industri menengah di bidang las. Karena itu, kita berharap peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga di akhir latihan nanti dapat memberikan manfaat,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Resmikan The Gade Creative Lounge, Bobby Nasution: Wadah Mahasiswa Kembangkan Potensi & Kreativitas

Pada kesempatan itu, Parlindungan juga meminta para peserta yang berjumlah 25 orang itu membentuk 4 Kelompok Usaha Bersama (KUBe).

“Di akhir pelatihan nanti, Dinas Perindustrian akan menghibahkan empat mesin las. Karena itu kita berharap di akhir pelatihan nanti sudah ada 4 KUBe dari pelatihan ini,” harapnya.

Pada pembukaan yang dihadiri Camat dan Lurah se-Kecamatan Medan Belawan itu, Parlindungan juga mengatakan, setelah pelatihan mengelas ini, Dinas Perindustrian juga akan menggelar pelatihan menjahit untuk di Kecamatan ini.

BACA JUGA:  Pemko Medan Serahkan Bantuan Sosial ke 17.229 Orang Pengemudi Ojol, Betor dan Angkot

Dalam pelatihan ini, lanjut Parlindungan, peserta tidak hanya dilatih keterampilan menjahit secara umum, namun juga menjahit gorden dan bed cover.

“Kita berharap pelatihan-pelatihan ini dapat memberikan manfaat. Selain meningkatkan keterampilan pelaku IKM, pelatihan ini diharapkan dapat membuka dan memperluas lapangan pekerjaan di Kecamatan Medan Belawan,” ucapnya.

Pembukaan pelatihan mengelas ini ditandai pemberian tanda peserta dan materi pelatihan oleh Parlindungan. Usai foto bersama, pelatihan pun langsung dimulai oleh instruktur yang merupakan praktisi berpengalaman.(adl)