oleh

Keluhan Stres dan Depresi Terus Meningkat Grafiknya di Masa Pandemi

Dokumentasi Humas Pemko Medan (ist)

MEDAN, sln70-news.com – Stres dan depresi menjadi keluhan yang terus meningkat grafiknya di masa pandemi. Pikiran dan jiwa yang tidak tenang serta dipenuhi beban pikiran, juga kecemasan-kecemasan penyumbang terbesar dalam menurunnya imunitas atau kekebalan tubuh.

“Dampaknya berimplikasi pada terganggunya kesehatan fisik dan mental,” kata Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin KM Nasution MIT Phd pada kegiatan Web Seminar (Webinar)
di Command Centre Kantor Walikota Medan, Kamis (16/7).

Dengan menurunnya imunitas tubuh, lanjut Mahyuddin, menjadi pintu masuk utama bagi Covid-19 untuk menginfeksi korban-korban baru yang tidak diinginkan.

“Upaya yang dianggap penting dilakukan pemerintah saat ini adalah, memastikan bahwa masyarakat Indonesia tidak berada dalam kondisi stres yang berlarut-larut,” ujarnya lagi.

Menurutnya, dengan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan terjaga dari kemungkinan penularan Covid-19. Kemudian tersedianya akses kesehatan yang aman, murah, cepat dan nyaman serta terkendalinya sektor ekonomi, sosialisasi protokol kesehatan yang merata dan beberapa hal penting lainnya.

BACA JUGA:  Kantor Walikota Disemprot Cairan Disinfektan

“Pemerintah membutuhkan bantuan dari banyak pihak untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut,” ucap Mahyuddin.

Melalui kegiatan bertajuk “Dampak New Normal terhadap Kesehatan Jiwa dan Solusinya untuk Kehidupan yang Bahagia” ini diharpakan, seluruh tantangan tersebut dapat dibahas secara menyeluruh dan dicarikan solusi yang tepat untuk menanganinya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Medan, Usma Polita menilai, Webinar yang digelar Universitas Sumatera Utara (USU) bekerja sama dengan Pemko Medan dapat berkontribusi pemikiran, yang berguna bagi masyarakat untuk melalui masa pandemi.

“Sampai kini belum tahu kapan berakhirnya, terutama berkaitan dengan kesehatan jiwa masyarakat dan kehidupan berbahagia,” jelasnya.

BACA JUGA:  8.078 Ibu Hamil akan Segera di Vaksin

Menurutnya, keluarga berperan untuk menjaga kesiapan mental setiap anggota keluarganya melalui masa-masa pandemi Covid-19.

“Keluarga berperan sangat penting dalam menjaga kesiapan mental setiap anggotanya dengan saling mendukung untuk melalui masa-masa pandemi Covid-19 ini. Sebab, kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Dengan semangat dari anggota keluargalah kita dapat bersama-sama menghadapi situasi saat ini,” kata Usma.

Dalam webinar tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Dr. dr. Elmeida Effendy, M. Ked KJ, SpKj (K) (Ketua Departemen Psikiatri FK USU) dan Raras Sutatminingsih, Ph. D, (Kaprodi Magister Profesi Psikologi USU). Sedangkan moderator Rika Eliana, S Psi, M Psi (Wakil Dekan III Fakultas Psikologi USU). (adl)