oleh

Jubir Satgas Covid-19 Kota Medan: Terpapar Belum Tentu Kebal

Jubir Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar/sln70-news.com

MEDAN, sln70-news.com – Banyak orang beranggapan bahwa seseorang yang sudah sembuh dari Covid-19 tidak terpapar lagi dari Covid-19 ternyata anggapan ini tidak benar, artinya orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 berpotensi untuk terkena kembali.

Demikian disampaikan Jubir Satgas Covid-19 Pemko Medan dr Mardohar Tambunan MKes kepada wartawan, Selasa (10/11/2020) di Posko Satgas Covid-19 Jalan Rotan Proyek Petisah Medan.

Mardohar menjelaskan banyak informasi ditengah masyarakat tentang Covid-19 yang keliru sehingga menimbulkan kebingungan dan akhirnya menjadi salah dalam menghindari penyebaran Covid -19.” Termasuk informasi yang menegaskan orang sudah pernah terpapar Covid-19 akan kebal terhadap Covid-19.Itu informasi salah” sebut Mardohar kembali.

BACA JUGA:  Hasil Uji Coba Klinis Vaksin Covid-19 di China Mampu Tingkatkan Antibodi

Mardohar mengungkapkan orang yang sudah pernah terpapar Covid-19 masih bisa terpapar kembali dengan Covid-19 sepanjang yang bersangkutan tidak menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yakni Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak.” Sepanjang yang bersangkutan menerapkan Prokes maka potensi untuk terpapar Covid-19 ini akan sangat kecil terjadi” ujar Mardohar.

Terkait penyebaran Covid-19 di Kota Medan Mardohar menjelaskan bahwa sampai saat ini Medan masih Zona Merah yang artinya sebagian besar wilayah sangat rentan Covid-19 makanya kita berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan Prokes dalam aktivitas sehari hari. ” Walau masih Zona merah namun angka yang kesembuhan sangat tinggi dibandingkan dengan angka orang yang terpapar Covid-19. Artinya ada grafik yang menggembirakan yakni angka yang sembuh kian naik sedangkan yang terpapar cenderung menurun,” ungkap Mardohar kembali.

BACA JUGA:  3 Tipe Masker Kain SNI untuk Pencegahan Virus Corona

Mardohar menampik adanya informasi bahwa rumah sakit di Medan penuh atau full akibat banyaknya Pasien Covid-19, karena saat ink banyak rumah sakit yang lowong karena pasien Covid-19 semakin menurun.

” Tapi kita jangan sampai lengah sebab Covid-19 ini datangnya tidak terduga dan kita tidak bisa mendeteksi orang yang terpapar Covid-19 atau dikenal dengan Orang Tanpa Gejala (OTG),” demikian Mardohar mengakhiri.(adl)