Job Fair Disnaker di Medan Labuhan Sediakan 243 Lowongan Kerja

MEDAN6 Dilihat

MEDAN, sln70-news.comJob Fair Dinas Ketenagakerjaan Medan kembali di buka di Medan Labuhan, Rabu (17/01/2024). Kali ini digelar di kantor Camat Medan Labuhan dan diikuti 10 perusahaan yang menyediakan 29 jabatan dengan 243 lowongan kerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Medan Illyan Chandra Simbolon diwakili Kabid Penempatan Tenaga Kerja Dumaria Gultom, mengatakan, kegiatan mempertemukan secara langsung pencari kerja dengan perusahaan penyedia pekerjaan.

Dia merincikan, kuota tenaga kerja lelaki yang dicari dalam job fair ini sebanyak 101, sedangkan perempuan 134. Dalam perhelatan ini, lanjutnya, perusahaan Alfamidi juga menyediakan tiga lowongan untuk difabel.

“Diharapkan job fair ini dapat mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya seraya mengatakan, selain menghelat job fair, Dinas Ketenagakerjaan juga mempunyai aplikasi Siduta yang juga mempertemukan pencari dan perusahaan penyedia pekerjaan.

Dia mengatakan, minat pencari kerja memanfaatkan job fair cukup tinggi, termasuk di kawasan Medan Utara. “Seperti tahun lalu, pada pelaksanaan tahun ini masyarakat di Medan Utara cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Para pencari kerja sejak pagi hari sudah hadir untuk bertemu dengan perusahaan penyedia pekerjaan.”

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelayanan Publik, BKDPSDM Gelar Bimtek Customer Service

Duma menambahkan, tahun ini pihaknya mengadakan penyuluhan dan bimbingan secara langsung di lokasi pelaksanaan. Sebelum wawancara dengan pihak perusahaan para pencari kerja mendapat pelayanan konseling oleh pengantar kerja yang merupakan fungsional Dinas Ketenagakerjaan Medan.

“Tujuan konseling ini untuk menggali potensi, minat, keterampilan pencari kerja u yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan, jabatan atau lowongan yang disediakan perusahaan peserta job fair ini,” terangnya.

Data yang diperoleh menunjukkan, kesepuluh perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan melalui job fair ini yakni RSU Mitra Medika, PT Pharos, RSU Wulan Rindy, PT PNM, PT LOLC Ventura Indonesia, Alfamidi, PT Tri Adi Bersama, PT Intrias Mandiri Sejati, Indomaret, dan PT Panca Buana.

Ditemui di lokasi kegiatan, Camat Medan Labuhan Khairun Nasyir mengungkapkan terima kasih kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang melalui Dinas Ketenagakerjaan menggelar job fair di wilayah kecamatannya.

BACA JUGA:  Masjid Juga Rumah Peradaban dan Bisa Gerakkan Perekonomian Umat

“Meskipun job fair ini diperuntukkan untuk seluruh warga, namun lokasi pelaksanaan ini mendekatkan masyarakat Medan Labuhan dengan perusahaan pencari kerja,” ungkapnya seraya menilai, job fair ini memberikan peluang bagi para pencari kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran.

Salah seorang pencari kerja, Riski Mutia, mengaku terbantu dengan pelaksanaan job ini. “Saya sangat bersyukur. Selama ini kan saya cari pekerjaan ke mana-mana itu susah, dengan adanya kegiatan ini saya terbantu,” ujar warga Jalan Young Panah Hijau ini.

Mutia berharap, kegiatan seperti ini terus dilakukan dan jumlah perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan lebih banyak lagi. “Waktu pelaksanaan pun kalau bisa minimal tiga hari atau seminggu agar lebih banyak pencari kerja yang tertampung,” ungkapnya. (Adl)