oleh

e-Parking Mulai Diberlakukan di Medan

-TEKNOLOGI-147 views

MEDAN, sln70-news.com – Parkir non-tunai (e-Parking) sudah mulai diberlakukan di Medan, bersamaan dengan soft launching Kesawan City Walk, Minggu (28/3/2021) lalu.

Untuk tahap awal, sebagai percontohan, e-Parking mulai diterapkan di Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Balai Kota.

Petugas e-Parking dilengkapi dengan badge yang menjadi barcode untuk membayar tarif parkir. Penerapan parkir non-tunai dilakukan dalam rangka meminimalisir potensi kebocoran PAD dari retribusi parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 3.000.

BACA JUGA:  PT Fintek Karya Nusantara Kenalkan Aplikasi LinkAja Permudah Transaksi Pembayaran

“Sebelum bekerja, petugas e-Parking terlebih dahulu disuntik vaksin Covid-19,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Medan, Iswar Lubis, Minggu (28/3/2021).

Dia mengatakan, sebelumnya pihaknya mengerahkan 36 petugas untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang penerapan parkir non-tunai di sepanjang Jalan Ahmad Yani sampai Jalan Balai Kota.

“Total ada 36 orang yang kami kerahkan dibagi tiga shift untuk mendukung penerapan e-Parking atau parkir non-tunai. Hari ini dikumpulkan semua sekaligus pelatihan. Selama ini ‘kan mereka ikut pelatihan teori, mungkin ada yang kagok, ini turun langsung dan berhadapan dengan masyarakat,” ujarnya. (Adlan)