Masyarakat dan Pelaku UMKM Diajak Memanfaatkan Digitalisasi

MEDAN, sln70-news.com – Dimasa pandemi ini Pemerintah dan masyarakat kesulitan dalam mengambil langkah yang baik. Ada dua fokus yang harus dipahami, pertama apabila fokus di sisi kesehatan pasti akan terpuruk dari sisi ekonomi, dan yang kedua apabila fokus di sisi ekonomi maka sisi kesehatan pasti akan hancur akibat virus covid-19.

Oleh sebab itulah masyarakat terkhusus bagi para pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan digitalisasi agar dapat bertahan di tengah pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman ketika mewakili Wali Kota Medan, Bobby Nasution sebagai pembicara dalam acara konferensi studi lokal dengan tema “strategi pemberdayaan UMKM terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan” yang digelar secara virtual oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Medan, Jumat (10/9).

“Kepada seluruh warga Kota Medan terkhusus pelaku UMKM, manfaatkan dunia digitalisasi ditengah pandemi covid-19, karena ini yang paling penting.”kata Aulia Rachman.

Disamping itu, lanjut Aulia Rachman lagi Pemerintah memiliki peran penting dalam meningkatkan UMKM. Oleh sebab itu, di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Pemko Medan terus bergerak cepat mengembangkan produk lokal UMKM untuk masuk kedalam e-katalok. Hal ini dilakukan sebagai langkah strategis mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat yang terpuruk selama Covid-19. Salah satu langkah yang telah diambil Pemko Medan ialah melakukan kontrak payung dengan para pelaku UMKM sektor kuliner dalam hal pengadaan makan dan minum di seluruh OPD dan Kecamatan di lingkungan Pemko Medan.

“Untuk pengadaan makan dan minum, Pemko Medan harus membeli produk dari UMKM lokal, disinilah peran Pemerintah dalam membantu pelaku UMKM di masa pandemi covid-19 saat ini agar perputaran ekonomi di Kota Medan dapat pulih kembali.”sebut Aulia Rachman.

Peran serta Pemerintah dalam membantu UMKM ini menurut Aulia Rachman sangat diperlukan sebab keberadaan UMKM sangat membantu percepatan pertumbuhan ekonomi.

“Jadi Pemerintah itu wajib memperhatikan, memberikan pendampingan bahkan membantu modal bagi pelaku UMKM, karena kita harus akui UMKM sangat membantu dalam percepatan pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya. (Wiku)